Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalur Langit


Bismillahirrahmanirrahim

Oke, sebelum lanjut aku bakalan jelasin apa itu jalur langit. Jalur langit itu sebenarnya sebutan untuk jalur yang bisa kita tempuh dengan memperbanyak amalan-amalan atau ibadah. Tiap orang biasanya beda-beda.

Nah, di sini tu aku bakalan jelasin jalur langit versi aku (based on what i did before)

Langsung aja. Pertama, dibanding terburu-buru memperbanyak amalan-amalan, aku cenderung lebih memperbaiki sholat wajib terlebih dahulu. Aku coba pelajari lagi bagaimana Nabi sholat, bagaimana Sholat yang benar, apa bacaan sholat yang sesuai sunnah dan hadisnya shahih.

Aku pelajari setiap detailnya. Sampai-sampai aku tahu bahwa ternyata nabi memakai Allahuakbar Kabiro untuk sholat malam (sunnah) dan Allahumma bait untuk sholat wajib. Alhamdulillah aku tahu setiap detailnya juga termasuk kisahnya.

Ternyata cukup dengan sholat wajib saja jika dilakukan dengan baik dan benar sesuai dengan yang Nabi contohkan, CUKUP dengan itu, sholat wajib tsb bisa menyelesaikan semua permasalahan hidup tanpa perlu melakukan amalan lain.

Contohnya aja kata Ustadz Adi Hidayat ada sahabat nabi, cuma 4 bulan diajari nabi biar sholatnya baik dan benar, 4 bulan setelah itu jadi orang yang paling kaya di Madinah. Itu membuktikan kalau sholat kita benar, semua permasalahan bakal selesai semua permintaan bakal dikabulkan.

Coba deh baca artinya satu-satu dari gerakan sholat. Itu semua Doa. Coba di tahiyat. Rabbigfirli ( ya Rabb ampuni aku) warhamni ( ya Rabb sayangi aku) dst. Bukankah itu semua doa? Lantas kenapa kita ga bersungguh-sungguh dalam berdoa.

Bahkan doa yang kita sebut dalam sholat itu derajatnya paling tinggi karena menjadi syarat sah sholat wajib. Coba deh tanya ke diri sendiri. Selama kita hidup, udah berapa kali kita paham dan terhanyut oleh keindahan doa yang kita sebut sendiri didalam sholat.

Atau selama ini cuma sekadar gerakan dan ucapan doang?, Cuma sekadar memenuhi kewajiban? Ya pantas mungkin selama ini doa kita kurang cepat dijawab Allah.

Kedua. STOP MAKSIAT!
Jujur Allah itu maha pengabul doa. Tidak ada doa yang tidak Allah kabulkan. Tapi berdasarkan hadis yang lain dan ceramah UAH. Ada satu kondisi dimana doa tidak akan sampai ke pintu langit. Di mana setiap doa jika sampai ke pintu langit pasti Allah kabulkan.

Apa itu? Yaitu makanan yang haram, minuman yang haram, pakaian yang haram, sajadah yang haram atau jika dikaitkan dengan kondisi kita saat ini maka itu adalah mengerjakan ujian dengan cara yang haram, dll. Allah itu suci dan sesuatu yang sampai ke Allah haruslah juga suci.

Bagaimana mungkin sesuatu yang haram atau kotor bisa sampai ke langit.

Bagian lain dari STOP MAKSIAT.
Aku ambil contoh. Kita setiap hari sholat, kita berdoa, kita meminta apa yang kita inginkan, tetapi melaksanakan yang Allah inginkan saja kita tidak mau atau tidak bisa. Apakah mungkin Allah bakalan cepet ngabulin doa kita?

Contohnya menutup aurat, menjaga pandangan. Malam hari dikala tahajjud kita berdoa sambil nangis-nangis, tapi di pagi harinya kita dengan tenang membuka aurat, melihat yang haram, berbicara yang kasar dll.

Bagaimana mungkin Allah bakalan percaya kalau selama ini tu ibadah kita ikhlas karena Allah, ingin dekat ke Allah sementara perintahnya saja kita tidak laksanakan.

Ketiga. Cari amalan andalan. Aku sekarang lagi membiasakan amalan-amalan yang menjadi andalan aku. Amalan andalan di sini tu maksudnya adalah amalan yang menurut orang lain berlebihan dan sangat sedikit yang mengerjakannya.

Aku ambil contoh imam Syafi'i. Beliau tidak pernah lepas wudhunya selama 40 tahun. Maksudnya, ketika batal beliau langsung wudhu. Beliau juga selalu khatam Alquran minimal 2 kali setiap hari. Apa yang Allah berikan kepada beliau? Diriwayatkan dalam beberapa hadis.

Dulu dikala imam Syafi'i hendak keluar, beliau selalu menutup telinganya. Kenapa? Karena beliau takut Ingat seluruh perkataan orang yang ada di jalan tanpa terkecuali hingga mati hanya dengan sekali dengar. Perkataan tukang sayur, perkataan orang yang sedang ghibah.

Perkataan orang lain yang bertengkar. Beliau takut ga sengaja teringat hal tsb. Demikianlah Allah berikan keistimewaan ingatan kepada imam Syafi'i. Hanya dengan sekali dengar, langsung ingat selamanya tanpa lupa satu hal pun.

Aku kalau ditanya amalan andalan. Alhamdulillah aku selalu jaga aurat aku. Aku ga pernah liatin aurat aku ke siapapun termasuk keluarga aku dan termasuk dikala sendiri selain mandi. Aku gapernah mau pakai celana di atas lutut. Tidur dengan aurat terbuka dll.

Kalau ditanya, kan boleh aja buka aurat asal dikamar sendiri atau dengan keluarga. Jawabannya boleh. Tapi ya karena mimpi aku luar biasa, amalan aku yang bisa aku jadiin luar biasa saat ini tu ya itu. Keinginan aku buka aurat insyaallah cuma sama satu orang kelak, ya istri.

Keempat. Berusaha sebaik mungkin untuk jadi Sholeh. Jujur guys ini tu penting bgt. Kenapa doa para nabi Allah kabulin seketika tanpa ditunda, karena mereka tu manusia paling sholeh dam bertakwa di muka bumi. Kita semua sepakat Allah itu maha adil. Pasti sepakat.

Apakah adil, jika ada orang yang tidak sholeh doanya didahulukan dari doa orang yang sholeh. Tentu tidak. Makin sholeh kita, makin dekat kita ke Allah, makin instan doa kita dikabulkan (jika kita benar butuh). Nahh salah satu untuk jadi sholeh gimana, ya itu sedekah.

Memperbanyak sholat sunnah, dan amalan-amalan lain. Tentunya harus dengan niat yang benar.

Terakhir. Jika semua itu udah dilakukan, ternyata doa kita Allah tunda. Ada beberapa kemungkinan.

Pertama. Saat itu tu niat kita salah. Kita sholat, tapi yang kita inget "aku lakuin ini biar aku lulus, dll " . Cara yang paling mudah gimana ngatasinnya gini. Inget aja. Tujuan kita ibadah itu ikhlas karena Allah sehingga kita menjadi dekat ke Allah.

Kalau udah dekat, bisa deh doa kita dikabulin cepet setelah sholat. Nah yang diingat itu yang bagian ikhlasnya.

Kedua. Saat itu kita belum butuh. Bisa jadi ketika diberi nikmat tsb, kita berpotensi meninggalkan ibadah yang udah kita lakukan dan melakukan lebih banyak maksiat.  Nahh biasanya kebanyakan doa kita ditunda jika asumsinya ini tu.

Allah lihat dari doa kita sebelumnya ketika dikabulkan/ditolak apakah kita ninggalin ibadah atau enggak dulunya. Nah makanya penting bgt guys, kalau seandainya hari ini doa kita ga dikabulin atau kita kecewa. Jangan kendor ibadahnya karena itu menentukan doa kita di masa depan.

Ada lagi amalan andalan aku yang mungkin bisa jadi referensi ke teman-teman. Aku selalu bilang masakan bundaku itu enak apapun masakannya.  Ketika bundaku belajar masak makanan baru, semisal mau bikin pempek Palembang, padahal baru pertama kali bikin itupun liat tutorial gugel.

Aku dijadiin testernya pertama. Aku selalu bilang masakan bunda aku paling enak sedunia. Setelah aku bilang itu, baru aku kasih saran dgn lembut "Kayanya garamnya dikiit lagi deh bun " . Gitu. Penting banget buat nyenangin hati orang tua. Penting bgt buat nyenangin hati ortu.

Dikutip dari tweet : @irmdhanil