Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATURAN TAK TERTULIS YANG BAIK UNTUK HIDUPMU

Di dunia ini..
Ada aturan-aturan tak tertulis yang perlu dilakukan dan dijaga agar hidup berjalan ke arah yang lebih baik.
.
Dan ini beberapa di antaranya...
.
1. Jangan menyebutkan dengan lisanmu hal yang buruk yang kau sedang alami atau dapatkan. Karena semakin kau keluhkan secara lisan, keburukan hal tersebut akan bertambah banyak, berat dan semakin menyusahkan. 
.
2. Jangan meminta lebih dari 2 kali untuk sesuatu hal. Apapun itu..
Dua kali masih tak apa. Mungkin terlupa.
Terlebih jika dipermintaan pertama mereka menyetujui/ atau menanggapinya dengan baik.
Tapi jangan sampai yang ketiga kali setelah yang kedua diabaikan. Sebab nilaimu akan turun di matanya, dan kebencianmu kepadanya akan mulai muncul.
.
3. Biasakan bersedekah atas setiap nikmat. Karena sejatinya, semua rezeki yang Alloh titipkan kepada kita adalah alat yang Alloh berikan sebagai bagian dari kemudahan beramal sholeh. Jangan menganggap dirimu sebagai muara rezeki. Namun anggaplah diri kita sebagai dermaga transit dari setiap rezeki. Dengan begitu.. kapal-kapal rezeki akan ramai berdatangan mengunjungimu.
.
4. Jangan membuat masalah dengan orang yang selama ini dikenal sabar dan sering mengalah. Karena meskipun dia diam saat kau berlaku tak adil padanya, tapi malaikat dan seluruh penduduk langit mendoakannya dan akan membantunya. Dan bisa jadi, itu awal kejatuhanmu.
.
5. Jangan senang memamerkan harta dan beragam nikmat yang Alloh berikan. Semua yang sering diperlihatkan, akan mudah hilang dan usang.
.
6. Minta maaflah dengan tulus untuk kesalahan pertama. Namun jika engkau melakukan lagi kesalahan yang sama kepada orang yang sama pula.. jangan minta maaf dulu sebelum memperbaikinya untuk menunjukkan keseriusanmu.
.
7. Jika harus marah atas sesuatu.. tunggulah sampai di rumah. Jangan marah di jalan, atau di tempat umum. Dampaknya akan sangat besar untukmu dan keluargamu.
.
8. Berikanlah pertolongan kepada orang yang kau lihat selama ini selalu berusaha keras. Mereka layak mendapatkan itu. Dan itu akan membesarkan hatinya, menambah optimisme dan kelak mendatangkan rasa hormat (respect). Jangan mudah memberikan pertolongan kepada mereka yang malas. Sebab itu hanya akan semakin menghancurkan mentalnya, merawat keegoisannya, dan kelak hanya akan memunculkan sikap tak tahu diri.
.
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H
.
.
Klaten, 10 April 2024
Salam
Andre Raditya 
.
#NasihatUntukDiri #PelajaranRahmatBerkah #Hikmah #RezekiLevel9 #AndreRaditya