Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesan Untuk yang Belum dan Mau Menikah

  1. Menikah dengan konsep acara walimah yang sederhana bukan aib. Jangan sampai menyusahkan orang lain dengan memaksa mereka membantu biaya pernikahanmu. Atau, jangan juga gadaikan SHM sampai BPKB demi menambah biaya untuk acara walimah kamu.
  2. Jangan terburu-buru untuk menikah hanya karena takut dengan omongan negatif dari orang lain, misal takut dibilang bujang lapuk maupun perawan tua. Menikahlah saat kalian siap, terutama dari sisi ilmu, mental maupun ekonomi.
  3. Jangan terburu-buru untuk memiliki anak setelah menikah. Kalau mau quality time berdua dulu silahkan, syukur Alhamdulillah kalau kalian mau belajar bekerja sama, membangun komitmen sama berjuang menata ekonominya terlebih dahulu.
  4. Lebih baik tinggal di kost maupun kontrakan daripada tinggal serumah dengan orang tua, mertua apalagi sama ipar. Maaf, nantinya rentan sekali ada masalah dan bisa menyebabkan rumah tangga kalian berantakan.
  5. Membantu keluarga besar itu boleh, malahan masuk ke perbuatan mulia. Tapi, jangan sampai lalai dan abai sama pasangan dan anak kamu. Utamakan nafkah untuk keluarga kecilmu dulu.
  6. Jangan ada rahasia antara suami, istri dan anak.
  7. Orang ketiga tidak hanya pelakor maupun pebinor. Maaf, apabila teman-teman alami kondisi sandwich generation maupun bread winner, maka orang ketiga bisa berasal dari keluarga terdekat kita sendiri.
  8. Jangan terlalu terbuka ke keluarga besar masalah pekerjaan, gaji, aset sampai tanggal kamu gajian pun jangan sampai mereka tahu. Maaf, kalau kita terlalu polos dan menceritakan itu semua ke keluarga besar, maka jangan kaget kalau ada yang silaturahmi buat minta dan pinjam ini itu.
  9. Kenal pasangan karena saling jatuh cinta, maka menikahlah untuk merawat cinta kalian berdua. Luangkan waktu untuk ngobrol berdua, family time berdua sampai nostalgia masa-masa indah dulu, supaya kita bisa kasmaran terus sama pasangan.
  10. Anak bukan investasi dunia kita, bukan juga asuransi dunia kita. Jadilah orang tua yang sudah menyiapkan dana pensiun maupun dana masa tua, supaya bisa merawat anak dengan ikhlas tanpa pamrih, apalagi menginginkan balik modal dari anak.
  11. Ingatlah dengan kebaikan pasangan yang mau menemani suka maupun duka dalam perjalanan hidup kita.
  12. Jangan sembarangan curhat tentang masalah rumah tangga ke orang lain. Maaf, pernikahan 20 tahun pun bisa hancur setelah curhat 20 menit. Ingat ya, kita harus bijaksana memilih ke siapa tempat kita bercerita.
  13. Menikah itu super tim, baik itu suami, istri dan anak-anak.
  14. Meminta maaf duluan tidak akan mengurangi kewibaanmu sebagai suami maupun sebagai ayah bagi anak-anak.
  15. Kalau kita ketemu teman maupun sahabat bisa asyik ngobrol dan bersendau gurau sampai seharian, maka ke pasangan dan anak pun harus sama. Jangan sampai ke orang lain asyik, eh giliran di rumah malah cuek ke pasangan maupun anak.
Sumber :
https://id.quora.com/Setelah-kalian-menikah-apakah-ada-pesan-untuk-kami-yang-belum-menikah/answer/Ahmad-201?ch=10&oid=1477743707670912&share=6363f39c&srid=u71IzB&target_type=answer