Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Skill Penting Saat Belajar Bisnis Online Bagi Pemula

Belajar bisnis online bagi pemula sekarang ini tentu sudah banyak jalurnya. Mulai belajar dari kursus, otodidak belajar dari baca buku, mengikuti kelas online, belajar dari video tutorial sampai berguru pada pebisnis yang sudah sukses. Tapi belajar menjadi pengusaha online ini tentu tidak sekedar untuk jadi ahli dagang semata. Anda tentu perlu banyak faktor lain untuk memulai menjalankan bisnis, diantaranya modal, skill dan keberuntungan.

Untuk masalah modal, sekarang sudah ada pilihan memulai bisnis online tanpa modal. Pilihan ini tentu banyak dicari dan sudah membuat banyak orang sukses. Bentuk usaha online tanpa modal ini bisa berupa menjadi pelaku dropship, online writer dan bahkan YouTuber.

Tapi disisi lain, tidak semua orang bisa sukses walau sudah tidak butuh modal. Hal yang menentukan kesuksesan seseorang adalah skill dan juga keberuntungan. Saat keberuntungan tidak bisa diandalkan, hanya satu hal yang lebih pasti, yaitu skill. Selama Anda memiliki skill yang cukup dan berusaha bekerja dengan giat, keberuntungan ini biasanya datang dengan sendirinya.

Karena skill ini penting, dalam artikel ini mari bahas skill – skill yang harus Anda pelajari sebagai pemula untuk nantinya memiliki bisnis online yang sukses!

Skill Komunikasi

Skill penting yang dibutuhkan dalam semua jenis bisnis adalah komunikasi. Biasanya dalam modul belajar bisnis online bagi pemula di tempat kursus, pelajaran komunikasi selalu diutamakan. Walaupun Anda hanya mengerjakan bisnis online rumahan tanpa modal dan tidak berinteraksi tatap muka dengan orang lain, Anda tentu tetap tetap harus menghadapi client ataupun pelanggan. Komunikasi dengan pihak lain ini bisa meliputi email, chat dan bahkan video call.

Jika tidak memiliki komunikasi yang baik, tentu Anda akan kesulitan membuat pelanggan menyukai Anda. Bayangkan saja saat melayani pembelian, Anda menggunakan bahasa gaul yang tidak pada tempatnya. Jika pelanggan tersebut adalah anak muda, hal ini tentu tidak masalah, tapi jika pelanggan adalah orang tua, mereka bisa tersinggung pada penggunaan bahasa ini.

Belajar bisnis online untuk pemula seputar komunikasi juga akan baik untuk memastikan Anda bisa bekerja sama dengan pihak lain. Komunikasi yang baik tentunya memadukan kata – kata, intonasi, gaya tubuh dan ekspresi. Semua ini bisa Anda manfaatkan saat merundingkan deal dengan bisnis lain yang akan mendukung usaha online Anda. Jadi pastikan mempelajari skill ini secara tekun agar lebih sukses.

Skill Marketing

Skill berikutnya yang tidak kalah penting dalam usaha online adalah marketing. Sebagai contoh saja, Anda sedang belajar bisnis online shop. Untuk membuat para pembeli tertarik belanja di toko online milik Anda, tentu strategi pemasaran perlu diaplikasikan. Mulai dari memasang iklan, menyediakan promo, diskon dan bahkan hadiah undian sebagai event promosi.

Menyusun strategi agar banyak orang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan adalah skill marketing. Tentu belajar seputar marketing ini merupakan hal yang complex tergantung dari level bisnis yang Anda lakukan. Misal saja Anda membangun usaha reseller tanpa modal sebagai pemula. Untuk bisnis kecil – kecilan ini, Anda bisa berusaha memasarkan produk melalui forum – forum yang bersangkutan. Misal Anda punya produk fashion, Anda bisa masuk komunitas fashion di online dan menawarkan produk ini. Facebook juga bisa jadi tempat promosi asalkan bisa masuk pada group yang tepat.

Banyak materi dari kursus belajar bisnis online tanpa modal, sudah menekankan strategi marketing yang bisa ditiru. Tapi karena hal ini berhubungan dengan skill diri, pastikan juga belajar alasan penggunaan strategi yang dicontohkan ini. Jika tahu alasannya, Anda tentu dengan mudah bisa mengubah arah dan strategi marketing sesuai kebutuhan yang Anda perlukan.Jika sudah ahli seputar perubahan strategi ini, tentu Anda bisa menarik lebih banyak pelanggan.

Skill Management

Siapa bilang management hanya akan digunakan di perkantoran saja, untuk usaha toko online kecil – kecilan, skill ini juga penting dimiliki. Sekarang ini sudah banyak usaha sampingan dengan modal kecil yang mengharuskan Anda mampu mengatur diri sendiri dengan baik. Jadi walaupun menjalankan usaha secara individu, Anda tentu tetap harus memiliki skill management.

Sebagai contoh, Anda adalah seorang reseller hp tanpa modal yang bergerak individu. Sebagai reseller, Anda tentu harus mengatur dagangan Anda. Untuk hal ini Anda perlu melakukan manajemen Gudang untuk memastikan jumlah barang dagangan yang Anda miliki. Mengetahui tentang stok barang tentu bisa jadi informasi penting saat menawarkannya pada orang lain.

Management waktu juga perlu dilakukan. Saat ada pesanan, pastikan Anda memenuhi janji pengiriman pada pembeli. Untuk menjadi disiplin, management waktu tentu harus dilakukan. Penentuan jadwal juga bisa termasuk dalam hal ini.

Skill Menganalisa dan Membaca Pergerakan Trend

Jika Anda melakukan bisnis online, skill menganalisa dan membaca trend adalah sesuatu yang penting dimiliki. Jika Anda bisa menguasai hal ini saat belajar bisnis online bagi pemula, Anda bisa memanfaatkan kesempatan menjadi keuntungan besar.

Sebagai gambaran saja, Anda mencoba menganalisa peluang reseller gratis tanpa modal seputar sepatu olahraga. Nah, pada tahun depan dimisalkan akan diadakan perayaan olahraga besar (misal saja Piala Dunia, Piala Euro, SEA Games ataupun Asian Games). Event seperti ini tentu akan meningkatkan pembeli yang terkena imbas trend dan semangat olahraga. Jika mampu membaca ini, Anda tentu bisa memanfaatkannya dengan stock sepatu bola dan sepatu olahraga lain di tahun sebelumnya. Stock ini dibeli saat supplier Anda menawarkan harga yang masih rendah. Nah, saat sudah siap supply, di tahun saat trend ini booming, Anda tentu bisa menikmati harga yang naik karena banyak orang sedang mencari sepatu olahraga ini.

Hal ini tentu juga bisa dimanfaatkan saat membaca peluang usaha dropship tanpa modal ataupun usaha online lainnya. Contoh lain saja sebagai freelance writer untuk artikel online. Nah, biasanya artikel yang populer tentu membahas sesuatu yang hot. Sebagai penulis yang mampu membaca trend, Anda mungkin bisa lebih dulu membahas topik yang hangat di luar negeri tapi belum banyak dibahas di dalam negeri. Menjadi yang pertama kali memberitakan masalah hot ini dalam Bahasa Indonesia, tentu bisa mendatangkan banyak pembaca ke website client Anda. Hasilnya, bayaran Anda tentu bisa jadi lebih banyak.

Tips Belajar Bisnis Online Bagi Pemula

Sebenarnya skill yang harus diperdalam selama menjalani proses belajar bisnis online bagi pemula masih ada banyak lagi. Tapi jika Anda baru mulai belajar, lebih baik memperdalamnya secara perlahan. Anda tentu rugi jika terburu – buru menyerap semua skill tapi akhirnya tidak ada yang menempel dan hanya membuat stress. Sampai sekarang banyak pelaku bisnis sukses yang masih mengasah skill – skill yang dibahas tadi. Jadi walaupun mengasahnya peralahan, nantinya Anda pasti jadi ahli dan bisa sukses dalam menjalankan bisnis online yang sedang Anda kerjakan. Terima kasih sudah membaca dan semoga sukses dalam usaha online Anda!

Posting Komentar untuk "4 Skill Penting Saat Belajar Bisnis Online Bagi Pemula"