Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Bisnis Online Tanpa Modal? Kenalan Dulu Dengan Affiliate Marketing - Peluang Bisnis Tahun 2020

Apa sih Affiliate Marketing?


Sebelum menjawab pertanyaan bagaimana cara bisnis online tanpa modal? Ada baiknya jika sobat mengenal terlebih dahulu mengenai bisnis affiliate. Sebelum lanjut membaca artikel ini, jangan lupa untuk awali setiap aktivitas belajar sobat dengan niat dan berdoa agar diberi pemahaman mengenai yang sobat pelajari.

Affiliate marketing adalah suatu sistem bisnis yang melibatkan antara suatu vendor / supplier / merchant / pemilik produk barang atau jasa dengan seseorang yang mempromosikan dan menjualkan produk tersebut dengan imbalan tertentu.

Sederhananya begini, pemilik produk membutuhkan seseorang untuk mempromosikan dan menjualkan produknya, sedangkan affiliate marketing tidak memiliki modal dan produk sehingga menawarkan jasanya kepada pemilik produk untuk memasarkan dan mempromosikan produk tersebut, kemudian atas jasanya tersebut pemilik produk memberikan komisi / imbalan sesuai kesepakatan dari setiap produk yang telah terjual melalui jasa affiliate marketer.

Konsep Bisnis Affiliate Marketing :

Konsep Affiliate Marketing

Tugas Affiliate Marketer

Sudah paham dengan konsep / sistem bisnisnya? Nah dari sistem tersebut dapat kita simpulkan bahwa yang harus dilakukan seorang affiliate marketer adalah sebagai berikut :

  1. Affiliate Marketer harus mempromosikan produk dari pemilik produk, hal ini dapat dilakukan dengan membagikan link pembelian melalui Media social gratis (Facebook, Instagram, Whatsapp), atau layanan berbayar (Email marketing, Facebook Ads, Google Ads disertai dengan Landing Page).
  2. Mendatangkan traffic sebanyak-banyaknya sehingga memperbesar kemungkinan untuk menghasilkan penjualan.

Kenapa Harus Berbisnis Affiliate?

Tentu banyak berbagai macam bisnis yang dapat kita tekuni, terutama di era digital sekarang ini. Nah kenapa harus Affiliate, tidak ada paksaan bagi sobat semua untuk memilih bisnis yang sobat tekuni, sobat bisa berjualan barang atau jasa secara online, tentunya sobat juga harus mempunyai modal untuk menghasilkan sebuah produk dan memiliki keahlian di beberapa bidang untuk menawarkan jasa. Nah, bagi yang tidak memiliki cukup modal dan keahlian dalam menghasilkan produk barang atau jasa saya kira bisnis Affiliate ini cocok untuk sobat. Karena dalam bisnis Affiliate beberapa keuntungannya adalah :

  1. Tidak perlu memiliki produk baik barang ataupun jasa, karena sobat akan memasarkan produk yang dibuat oleh merchant atau vendor.
  2. Tidak perlu menghandel semua alur transaksi. Semua transaksi akan ditangani oleh pihak vendor, baik itu jual beli ataupun pemberian dan perhitungan komisi.
  3. Tugas sobat hanya mempromosikan dan mendatangkan traffic.
  4. Sistem bisnis affiliate sangat sederhana / simpel. Dari penjelasan sebelumnya dapat dipahami bahwa sistem bisnis affiliate sangat sederhana.
  5. Dibandingkan dengan jual beli produk fisik, dalam bisnis affiliate produk digital persaingan relatif lebih sedikit.

Produk Apa Yang Mudah Untuk Dijual?

Dalam berbisnis tidak ada yang namanya mudah atau sulit, yang membedakan adalah seberapa matang strategi dan rencana bisnis kita, seberapa keras usaha dan doa kita. Begitu juga dalam bisnis affiliate itu sendiri, sobat perlu kerja keras dan cerdas dalam memasarkan produk. Namun saya akan sarankan sobat khususnya pemula agar menjadi affiliate produk-produk digital.

Apa itu Produk Digital? Produk digital adalah produk yang dibuat oleh seorang digital product / content creator yang biasanya berbentuk seperti Ecourse Video (Video Tutorial, Kursus, Seminar, Webinar), Software, Tools, Aplikasi, Plugin, Template, Desain, dan lain-lain. Tentunya produk digital lebih sedikit pesaing dibandingkan produk fisik, itulah alasan kenapa saya merekomendasikannya kepada sobat semua.

Marketplace Produk Digital

Setelah sobat mengetahui bagaimana sistem bisnis affiliate, apa alasan dan kelebihannya dan apa itu produk digital. Sobat juga harus tahu dimana sobat bisa mendapatkan produk-produk digital yang akan sobat promosikan, yaitu Marketplace Produk Digital. Marketplace produk digital adalah suatu situs yang berisi kumpulan berbagai jenis produk digital dari berbagai vendor. Di situs tersebut sobat bisa mendaftarkan diri sebagai affiliate marketer dalam memilih produk yang ingin sobat pasarkan. Nah ada 2 (dua) Marketplace Produk Digital besar di Indonesia, yaitu ratakan.com dan idaff.com

Penutup

Dari semua penjelasan singkat pada artikel ini, saya harap sobat sudah dapat mengetahui dan mendapatkan gambaran mengenai apa itu bisnis affiliate, bagaimana konsep / sistem bisnis affiliate, apa kelebihan berbisnis affiliate, apa itu produk digital dan marketplace produk digital. Dalam postingan ini saya hanya ingin memberikan penjelasan yang singkat atau mengenalkan kepada sobat mengenai bisnis affiliate marketing produk digital.

Mudah-mudahan dalam postingan selanjutnya dapat saya sharing lebih dalam lagi mengenai bisnis affiliate ini, baik cara kerjanya ataupun tips dalam berbisnis affiliate. Jadi, tunggu postingan selanjutnya ya. “Terus semangat dalam belajar, perbanyak Action, Niatkan untuk belajar, bukan untuk menjadi sok pinter”. Silahkan komentar dan masukan mengenai postingan ini, jika ada yang lebih memahami mengenai isi dalam artikel ini, saran dan kritik dipersilahkan. See you.

Posting Komentar untuk "Mau Bisnis Online Tanpa Modal? Kenalan Dulu Dengan Affiliate Marketing - Peluang Bisnis Tahun 2020"