Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Supplier Usaha Sampingan dengan Modal Kecil


Untuk sobat yang akan memulai usaha sampingan dengan modal kecil  dengan sistem drop shopping, salah satu  hal yang sangat penting diperhatikan agar bisnis sobat sukses adalah memilih supplier dengan tepat. Supplier yang tepat dapat membantu sobat membuat bisnis yang lebih sukses dan mendapatkan lebih banyak keuntungan. Bagi sobat yang masih bingung mengenai cara memilih  supplier bisnis drop shopping berikut ini adalah beberapa hal yang bisa sobat ikuti untuk mendapatkan supplier bisnis yang terbaik. 

Lakukan riset

Pertama sobat memutuskan mengenai produk apa yang akan sobat gunakan untuk bisnis dropship maka riset mengenai supplier mana yang akan sobat gunakan adalah hal pertama yang perlu lakukan. Ketika melakukan riset ketahuilah beberapa kriteria supplier yang harus diperhatikan antara lain adalah :

  • Kemampuan komunikasinya
  • Lokasinya apakah jauh atau dekat agar tarifnya lebih murah 
  • Pengelolaan inventor
  • Pengalaman 
  • Dan tentunya harga jual yang dimilikinya 

Hubungi supplier sobat 

Selanjutnya jika sobat sudah menemukan supplier untuk usaha sampingan dengan modal kecil  yang sobat miliki hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menghubungi  supplier yang sobat miliki. Ketika sobat menghubungi supplier ini sobat bisa menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan profesionalitas yang dimiliki oleh supplier tersebut. 

Ketika menghubungi supplier ini sobat sebaiknya tidak hanya menghubungi 1 supplier tapi banyak supplier. Pastikan sobat menjaga hubungan baik dengan supplier yang sobat hubungi selagi membandingkan satu supplier dengan supplier yang lainnya. Ya,  tujuan sobat menghubungi lebih dari 1 supplier adalah untuk membedakan masing-masing supplier mana yang lebih cocok dengan cara kerja yang sobat inginkan. Ketika sobat membangun hubungan baik dari tahap ini maka hubungan kerja sama dengan supplier di masa depan akan menjadi lebih mudah. 

Order sampel 

Step dalam belajar bisnis online bagi pemula selanjutnya yang perlu sobat lakukan ketika sobat ingin mencari supplier untuk bisnis drop shopping sobat adalah mencoba memesan sampel pada supplier yang sobat miliki. Ketika sobat akan memilih supplier sangat penting untuk melakukan percobaan pemesanan barang sebelumnya. Hal ini untuk memastikan bahwa supplier akan gunakan memiliki sistem pengiriman dan handling order yang baik. 

Memastikan sistem pengiriman yang baik yang dimiliki oleh supplier sangat penting karena kinerja bisnis drop shopping yang sobat miliki akan ditentukan dari kualitas layanan supplier yang sobat gunakan. Jadi sebelum sobat menggunakan supplier ini coba dulu layanan yang diberikan supplier pada sobat dan rasakan terlebih dahulu. 

Setelah sobat melakukan wawancara singkat dan melakukan order dari  beberapa supplier yang menurut sobat terbaik maka sobat bisa membedakan mana yang memberikan layanan yang paling prima dan kurang prima. Ya meski memang artikel ini digunakan untuk usaha sampingan dengan modal kecil tapi jika sobat ingin profesional mengeluarkan modal kecil untuk mencoba memberikan kualitas layanan terbaik bagi konsumen sobat tidak masalah bukan?