Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Memulai Bisnis Online Untuk Pemula - Part 1


Soal bisnis online, banyak sekali jenisnya. Mulai dari Dropship dan reseller online, Affiliate Marketing, Jual produk digital, Penulis Online, Penerjemah Online, Membangun komunitas online berbayar, E-course online, jasa design online, freelancer online, transportasi dan booking online, joki game online, marketplace, jasa review melalui blog atau youtube, dan banyak lainnya. Intinya adalah bisnis online adalah bisnis offline / dunia nyata yang dilakukan melalui media online, jadi wajar saja jika banyak sekali jenis bisnis online.

Era digital adalah zaman dimana semua aktivitas orang-orang cenderung bergantung kepada suatu perangkat yang terhubung secara online (sebut saja komputer, smartphone dan perangkat lainnya). Di Era ini arus informasi mengalir begitu cepat, persaingan dalam bisnis tentu lebih ketat.

“Era dimana manusia menjadi budak teknologi, mati listrik sehari bisa terjadi kerugian besar-besaran”

Allah SWT berfirman dalam Q.S. Al-Baqarah [2] : 11-12 yang artinya : “Dan bila dikatakan kepada mereka :’Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi’. Mereka menjawab :’Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan’. (11). Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar. (12)”

Jadi, apakah hanya dengan memindahkan usaha offline sobat ke media online? Semudah itu? Tentu bisa dibilang gampang gampang susah. Buktinya banyak usaha offline yang ketika memasuki ranah media online, bisnisnya malah tidak berjalan semulus bisnis offline. Banyak pula bisnis yang awalnya tidak dilirik, tiba-tiba viral di media online.

Selain itu, banyak kisah-kisah dari para pebisnis online sukses, ada juga yang gagal dan bangkrut, ada yang masih terus mencoba, ada yang menyerah dan berhenti melakukan bisnis online. Nah, dalam artikel ini saya akan menjelaskan secara singkat langkah awal dalam memulai bisnis online. Berikut langkahnya:

Harus tahu kebutuhan pasar

Sobat harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini

  1. Apa yang sedang dibutuhkan orang-orang saat ini?
  2. Siapa yang akan menjadi target pemasaran bisnis sobat?
  3. Kapan saat yang tepat sobat akan menjual produk tersebut?
  4. Dimana sobat akan menargetkan dan memasarkan bisnis sobat?
  5. Kenapa sobat memilih menjual produk tersebut?
  6. Bagaimana caranya sobat akan menjual produk tersebut?

Sobat juga dapat mencari tahu kebutuhan orang – orang dengan cara mencari tahu di berbagai komunitas online misalnya Grup Media Sosial. Gabung saja dan kemudian simak isi percakapan dalam grup tersebut. Pahami apa masalah mereka, produk atau jasa apa yang mereka butuhkan, berapa banyak yang membutuhkan.

Selain itu sobat juga dapat menggunakan alat bantu google ads / adword yang memiliki fitur “keyword planner”, dimana dalam fitur tersebut kita dapat dengan mudah meriset keyword apa saja yang banyak dilakukan pada pencarian google.

Sobat juga perlu melakukan riset mengenai calon kompetitor / pesaing dalam bisnis sobat. Tujuannya adalah mecari tahu dan mempelajari mengenai produk kompetitor sehingga sobat tahu produk seperti apa yang dapat menandinginya.

Jadi intinya [1] gabung grup media sosial, [2] buat akun google ads dan [3] pelajari calon kompetitor ya sob.

Lebih baik memilih bidang bisnis yang sesuai dengan Passion sobat

Menurut saya mungkin ini akan menjawab pertanyaan “Bagaimana cara menghasilkan atau membangun bisnis tanpa harus bekerja?”. Loh, Bagaimana bisa? Sobat lihat saja bagaimana seorang programmer dengan bahasa pemrograman yang rumit mampu lebih produktif daripada pekerja kantoran yang mengerjakan hal-hal itu saja dan bahkan pekerjaannya lebih sederhana, akan tetapi malah lebih banyak menghasilkan keluhan.


Faktor utamanya adalah passion itu sendiri sob. Ketika sebuah usaha / bisnis dibangun sesuai dengan passion sobat, maka semuanya akan terasa lebih mudah. Dengan adanya passion, sobat tidak akan lagi merasa sedang bekerja, akan tetapi sobat malah merasa sedang melakukan aktivitas yang disenangi. Sobat akan merasa senang untuk memecahkan berbagai persoalan dalam bisnis, menciptakan lebih banyak inovasi dan juga semakin produktif. Malahan sobat kemungkinan merasa tidak memerlukan adanya hari libur. Dengan passion, setiap proses dalam bisnis akan menjadi suatu nikmat kehidupan. Pokoknya bisnis dan ilmu yang sobat miliki akan terasa lebih berkah.

Ada beberapa hal yang harus sobat lakukan berkaitan dengan passion :

  • Cari tahu passion sobat. Dukung dengan skill yang sobat kuasai
  • Gabung dengan komunitas online dimana banyak orang dengan passion yang sama. Tujuannya adalah mendapatkan ilmu, pengalaman, support dan update mengenai informasi terkini mengenai passion sobat.
  • Mengutamakan kesenangan sobat. Harus diingat bahwa tujuan sobat membangun bisnis dengan passion ini adalah untuk menemukan kesenangan sobat dalam menjalani bisnis. Hilangkan beban pikiran, buat suasana yang nyaman dengan tim bisnis sobat, lakukan aktivitas-aktivitas menyenangkan bersama rekan bisnis sobat.


Intinya Passion + Skill = Produktif = Sesuatu yang bisa dijual

Menyiapkan perlengkapan bisnis online

  • Utama : Produk / Jasa untuk dijual, Koneksi internet (Namanya juga online)
  • Pendukung Fisik : Smartphone, PC/Laptop, Kamera untuk photo dan video (biasanya include di smartphone), Rekening Bank, Printer, Alat Tulis
  • Pendukung Non Fisik : Akun email, Akun media sosial, Software atau Tools pendukung lainnya (Banyak macamnya dan itu tergantung kebutuhan bisnis sobat)

Menentukan nama bisnis online

Yang namanya bisnis, offline maupun online tentu memerlukan sebuah nama. Nama akan sangat berpengaruh, khususnya bagi para investor dan calon pembeli. Dunia maya tidak mengenal batas ruang dan waktu, maka ketika sobat berhasil menjadikan nama bisnis sobat terkenal di dunia maya, secara tidak langsung bisnis tersebut akan terkenal di seantero dunia dan bahkan sepanjang waktu. Oleh karena itu menentukan nama bisnis adalah suatu hal yang sangat penting.

Ada beberapa tips singkat dalam menentukan nama bisnis, berikut tipsnya :

  • Gunakan nama yang unik, yang mudah melekat diingatan orang-orang
  • Jangan menggunakan ejaan yang tanggung dan aneh
  • Nama bisnis harus mudah diucapkan
  • Harus simpel dan gunakan akal sehat
  • Mengandung unsur atau selaras dengan bidang bisnis sobat.
  • Cek ketersediaan nama, bisa jadi nama bisnis sudah dipakai oleh pebisnis lainnya. Sobat bisa mengeceknya melalui google search.
  • Jangan batasi bisnis dengan nama-nama tertentu misalnya penggunaan nama kota.
  • Minta pendapat orang lain mengenai nama bisnis sobat.

Nah itulah beberapa uraian singkat mengenai langkah-langkah memulai bisnis online part 1. Saya rasa cukup sekian dulu, dilanjut di artikel part 2 nya ya sob.

Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Langkah Memulai Bisnis Online Untuk Pemula - Part 1"