Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiga Langkah Sebelum Memulai Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Bisnis online shop tanpa modal menjadi idaman banyak orang. Terutama jika bisnisnya berjalan lancar dan meraup banyak keuntungan. Lantas, apakah untuk membangun toko online cukup dengan menawarkan produk dan jasa saja? Ternyata tidak. Sebab, ada tiga tahapan yang mesti sobat lakukan sebelum memulai bisnis online. Berikut ini tipsnya. 

Lakukan Riset Pasar Sebelum Memulai 

Lakukan riset pasar. Bisnis apapun itu riset pasar menjadi hal utama yang perlu sobat jalankan. Melalui riset ini sobat  bisa menganalisa minat konsumen terhadap produk-produk yang dipasarkan. Termasuk mengetahui mana yang peminatnya tinggi dan mana yang rendah. Tahapan ini sebaiknya tidak sobat lupakan, sebab akan sia-sia saja bisnis online sobat jika ternyata produk atau jasa yang sobat tawarkan sepi peminatnya. 

Lanjutkan Dengan Mempelajari Pesaing Bisnis

Setelah melakukan riset pasar, tahapan kedua yang harus sobat lakukan adalah mempelajari pesaing. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Sebab sobat bukan satu-satunya pelaku bisnis online. Cari tahu seperti apa strategi promosi yang mereka lakukan. Akan lebih baik lagi jika sobat juga mengenali produk kompetitor dengan baik. Seperti kelebihan dan kekurangannya. 

Dari informasi yang telah terkumpul, susunlah strategi bisnis sobat. Tidak ada salahnya meniru strategi pemasaran yang dilakukan oleh kompetitor. Dengan catatan, modifikasi strategi tersebut. Jangan menirunya secara keseluruhan, karena bisa jadi strategi yang mereka terapkan tidak cocok untuk diterapkan di bisnis online shop tanpa modal milik sobat. Meskipun produknya sama. Penting pula bagi sobat untuk menonjolkan kelebihan dari produk atau jasa yang sobat tawarkan. 

Manfaatkan Website Dan Sosial Media Untuk Berbisnis

Riset pasar dan mempelajari pesaing sudah dilakukan, maka langkah ketiga adalah memanfaatkan website dan sosial media sebagai media berpromosi. Untuk website, sobat bisa membuatnya secara gratis. Namun, akan lebih profesional lagi bila sobat menginvestasikan sedikit uang untuk membuat website premium. 

Selain website, sobat bisa memanfaatkan sosial media sebagai alat promosi. Sobat bisa menggunakan fasilitas facebook ads. Mengingat jumlah pengguna yang begitu tinggi, facebook bisa jadi media promosi untuk bisnis online yang sobat rintis. Sistem penargetan facebook terbilang cukup beragam. Mulai dari penargetan berdasarkan usia, minat, jenis kelamin, hingga geografis. Selain itu, facebook ads mempromosikan bisnis online shop sobat secara tepat sasaran. Semisal sobat menawarkan pakaian wanita, maka pengguna yang akan disasar adalah wanita.

Sobat juga bisa mempromosikan bisnis online sobat lewat instagram. Sosial media yang satu ini juga memiliki tool untuk mempromosikan bisnis sobat. Akan tetapi, yang perlu sobat ingat adalah, konsistensi dalam memasarkan produk. Sobat harus membuat postingan terkait produk atau jasa yang sobat tawarkan secara berkala. Dengan begitu, bisnis online shop tanpa modal sobat akan dikenal kalangan luas. 

Posting Komentar untuk "Tiga Langkah Sebelum Memulai Bisnis Online Shop Tanpa Modal"