Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal Penting Tentang Emas Saham Buat Calon Investor

emas saham


Emas Saham sebenarnya sama dengan saham pada umumnya. Hanya saja ini merupakan investasi membeli saham di perusahaan tambang emas, atau emiten tambang emas. Jadi emas saham itu bisa disebut dengan saham perusahaan emas. Jadi investasi yang kamu lakukan bukan dalam bentuk emas batangan ataupun emas dalam bentuk perhiasan. Melainkan, investasi berupa lembaran saham dari perusahaan tambang emas yang sudah menawarkan dan menjual sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) kepada publik.

Saham emas ini merupakan salah satu investasi popular dan disukai sebagian orang yang melihat peluangnya sangat menguntungkan. Orang banyak melihat produk emas selalu sering mengalami kenaikan setiap tahun, sehingga ini akan berpengaruh pada kinerja perusahaan tambang emas. Maka tak heran, banyak investor yang menyimpan modalnya di perusahaan-perusahaan emas tersebut.

Lalu apa untungnya memiliki emas dalam bentuk saham? Dan emiten tambang emas apa saja yang sudah menawarkan saham emasnya kepada publik? Serta hal-hal apa yang membuat kamu sebagai investor wajib mempunyai Emas Saham.

Mari kita ulas bersama..

5 Hal Pentingnya Berinvestasi Emas Saham

Di Indonesia, ada sejumlah perusahaan atau emiten tambang emas yang sudah menawarkan sahamnya di BEI, yakni PT Archi Indonesia, PT Vale Indonesia, PT Aneka Tambang Tbk, PT Ifishdeco Tbk, PT United Tractors Tbk, PT Medco Energi Tbk, PT PAM Mineral Tbk, PT merdeka Copper GoldTbk, dan PT J Resources Asia Pacifik Tbk. Bisa dibilang semua perusahaan pertambangan itu memiliki laporan kerja yang maju dan keuntungan luar biasa. Selalu bertumbuh, selalu ada peningkatan cadangan emas, jumlah produksi meningkat, dan harga komoditi emas tentunya sering naik setiap tahun. Maka itulah tak heran masyarakat saat ini, terutama kaum muda dengan penghasilan rutin dan bagus, melihat peluang menarik untuk memiliki Emas Saham di perusahaan-perusahaan tersebut.

Berikut 5 hal mengapa kamu sebagai investor memilih Emas Saham, yakni:

1. Indonesia merupakan negara dengan bentuk kepulauan yang kaya raya akan sumber daya alamnya. Termasuk emas. Maka tak ayal sejak dahulu aktivitas pertambangan emas terus berjalan hingga saat ini di sejumlah pulau, seperti di wilayah Papua. Potensi kemajuannya sangat menjanjikan. Untuk itu sudah saatnya masyarakat Indonesia juga turut serta sebagai warga negara di dalam memajukan pendapatan negara ini, yakni dengan memiliki Emas Saham di sebuah emiten tambang emas;

2. Akrab dengan keuntungan saat kamu berinvestasi Emas Saham atau Saham Emas. Harga komoditi emas selalu naik setiap tahun. Dengan kenaikan harga emas tentu akan berpengaruh pada perusahaan atau emiten tambang emas. Hingga pembagian hasil keuntungan atau dividen yield di emiten tambang emas tersebut juga akan menguntungkan para investor publik;

3. Jika terjadi inflasi, dan nilai mata uang seperti tidak berarti, maka berbeda dengan emas. Harga emas justru bisa tinggi saat inflasi terjadi. Termasuk saat nilai dollar Amerika Serikat mengalami penurunan, justru emas bisa bernilai harga tinggi. Ini akan berefek pula dengan kinerja perusahaan emas yang tetap bergerak ke depan meski terjadi gonjang-ganjing perekonomian terjadi;

4. Saham Emas atau Emas Saham sebenarnya sama dengan saham dari perusahaan atau badan usaha lain. Harga saham bisa naik dan turun, tergantung sentimen dari para investor, broker, dan pelaku pasar modal lainnya. Termasuk sikap dari perusahaan emas tersebut;

5. Jadi Emas Saham berbeda dengan investasi emas batangan atau emas perhiasan. Emas dalam bentuk fisik bisa dijual dengan mudah, dipegang, dan menjadi aksesoris. Hanya risiko dari berinvestasi dengan emas dalam bentuk fisik bisa hilang jika kita lupa menaruhnya atau dicuri seseorang. Berbeda dengan investasi dalam Emas Saham yang berupa lembaran saham, dan risikonya tergantung dari pergerakannya di pasar modal.

Penutup

Emas Saham atau Saham Emas, merupakan saham yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan tambang emas yang beredar sama dengan perusahaan lain di BEI. Mereka juga mengajak para investor publik untuk turut memajukan kinerja perusahaan mereka. 

Yang pasti, Emas Saham memiliki nilai yang sama dengan saham perusahaan lain. Tetap dinilai dengan mata uang, bukan nilai emas. Hanya saja, emas sering mengalami kenaikan harga dan banyak disukai orang, sehingga ini akan berefek bagus buat perusahaan-perusahaan emas tersebut. 

Sekali lagi buat calon investor, tetap belajar mengenai investasi. Termasuk tentang Emas Saham.

Posting Komentar untuk "5 Hal Penting Tentang Emas Saham Buat Calon Investor"