Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Investasi Rupiah yang Cocok untuk Pemula

investasi rupiah


Program edukasi investasi rupiah saat ini sudah semakin banyak disediakan oleh perusahaan penyedia invesatsi yang ada di Indonesia. Mulai dari program investasi berbayar sampai dengan yang gratis, semua tersedia di berbagai platform, baik online maupun offline. Setiap jenis investasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Agar Anda dapat mulai menimbang dan memperhitungkan, pahami ragam jenis investasi berikut!

1. Reksadana

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dengan modal investasi yang minimal, reksadana bisa dijadikan sebagai pilihan. Kenapa? Reksadana merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang yang memang diperuntukkan bagi masyarakat kelas menengah. Hanya dengan uang sebasar Rp 5000.000 Anda bisa melakukan pembelian reksadana dan mendapat keuntungan yang sesuai dengan jenis reksadananya. 

Perlu diketahui bahwasanya, reksadana terbagi menjadi 4 jenis. Apa saja? Ada reksadana pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan campuran. Untuk reksadana pasar uang, jenis investasi tersebut merupakan jenis reksadana yang memberikan keuntungan paling rendah dengan resiko rendah pula. Sedang untuk reksadana saham, jenis tersebut merupakan jenis reksadana yang memberikan keuntungan paling tinggi tetapi resiko yang ditanggung juga tinggi. 

2. Saham

Investasi rupiah berikutnya yang bisa dilakukan menggunakan modal kecil adalah investasi saham. Risiko bermain saham memanglah tidak main-main alias besar, namun saham merupakan salah satu jenis investai yang menguntungkan yang hasilnya bisa didapatkan dalam waktu cukup singkat. Keuntungan investasi saham di antaranya bisa didapatkan melalui capital gain dan dividen. Capital gain merupakan selisih keuntungan dari harga beli dan harga jual saham.

Cara bermain saham pun ada dua, yakni jangka pendek dan jangka panjang. Untuk dapat melakukan investasi saham jangka pendek Anda harus terlebih dahulu memiliki kemampuan analisis teknikal. Kenapa? Sebab aturan utama dalam bermain saham jangka pendek adalah melakukan pembelian ketika harganya murah dan menjualnya pada saat harganya tinggi. Lain halnya dengan investasi saham jangka panjang yang cara bermainnya tidak lebih rumit dari saham jangka pendek. 

3. Deposito

Adapun jenis investasi rupiah berikutnya adalah investasi deposito. Jenis investasi ini memiliki tingkat risiko yang cukup rendah jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Oleh karena itu, tidak heran jika investasi satu ini sering menjadi pilihan investasi untuk sebagian besar masyarakat Indonesia, terlebih masyarakat dari kalangan kelas menengah. Kendati demikian, deposito memiliki aturan dan ketentuan yang sifatnya cukup lebih rumit dari jenis investasi pada umumnya.

Terutama dalam hal jumlah minimum investasi. Untuk setiap bank yang ada di Indonesia memiliki kebijakan yang berbeda terkait jumlah minimum investasi. Ada yang di bawah 5 juta dan ada yang di atas 5 juta. Walau terkesan kaku, jenis investasi ini merupakan jenis investasi yang dikenal memiliki tingkat keamanan lebih tinggi dari lainnya. Uang rupiah yang Anda depositkan akan dijamin aman oleh pihak penyedia layanan. 

4. Sukuk

Berikutnya ada investasi sukuk. Jenis investasi yang satu ini merupakan investasi yang berdasarkan pada prinsip dasar syariah Islam yang juga memiliki sebutan lain Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Anda dapat memilih investasi sesuai dengan budget yang tersedia sebab harga setiap lembar sukuk dijual berbeda-beda. 

Mulai dari harga Rp 100.000 sampai dengan Rp 1.000.000. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Jika gaji Anda berada di bawah 5 juta, maka investasi dalam bentuk sukuk sangat direkomendasikan untuk Anda. Selain harganya yang terjangkau, investasi sukuk juga memiliki risiko yang jauh lebih rendah daripada jenis investasi lainnya. 

5. Asuransi

Jenis investasi untuk pemula yang bisa dilakukan menggunakan mata uang rupiah berikutnya adalah Asuransi. Investasi yang satu ini merupakan salah satu jenis investasi sekaligus bentuk proteksi yang dapat digunakan untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan di waktu yang tidak terduga. 

Adapun macam-macam asuransi yang bisa dijadikan sebagai pilihan investasi di antaranya adalah asuransi pendidikan, kesehatan, jiwa, mobil, properti, dan lain sebagainya. Anda dapat memilih salah satu jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan budget. 

Demikian informasi terkait ragam jenis investasi rupiah yang bisa dijadikan sebagai referensi. Sebelum menentukan jenis investasi pastikan Anda telah benar-benar memahami sistem  yang berlaku. Pelajari detail ketentuan yang berlaku dan jangan sungkan untuk menanyakan terkait informasi yang mungkin belum Anda pahami kepada pihak penyelenggara investasi. 


Posting Komentar untuk "5 Jenis Investasi Rupiah yang Cocok untuk Pemula"