Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Mendaftar Saham Online untuk Pemula? Silakan Simak Disini

cara mendaftar saham


Apakah Anda tertarik untuk terjun ke dunia investasi saham online tapi belum tahu bagaimana cara untuk mendaftarnya? Sekarang ini proses investasi saham telah banyak diberi kemudahan termasuk secara online. Berikut akan Kami bahas cara mendaftar saham online untuk Anda yang penasaran.

Dokumen Pribadi

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan dokumen pribadi terlebih dahulu. Sejumlah dokumen yang diperlukan dalam proses ini adalah sebagai berikut.

ID Card

Bagi Anda yang tertarik ingin mendaftar saham secara online, maka ID card merupakan hal yang wajib. ID card yang dibutuhkan bagi warga negara Indonesia adalah KTP, sementara bagi warga negara asing, ID card yang diperlukan adalah pasport atau KITAS.

Sebagai catatan, KTP untuk warga negara Indonesia tidak bisa digantikan dengan kartu lain.

NPWP

Selain ID card atau kartu identitas, Anda juga akan membutuhkan NPWP ketika hendak mendaftar saham secara online.

Apabila Anda belum memilikinya, maka Anda dapat meminta surat pada pengurus pendaftaran saham online. Surat tersebut akan menyatakan jika Anda belum memiliki NPWP dengan disertai materai.

Cover dari Buku Tabungan

Supaya proses pemeriksaan rekening dapat berlangsung dengan lancar, cover dari buku tabungan Anda juga akan dibutuhkan.

Bank tempat Anda memiliki tabungan inilah yang nantinya akan menjadi tempat penyimpanan penarikan Anda dari saham.

Identitas KSEI

Point ini hanya akan diperlukan jika sebelumnya Anda telah memiliki rekening saham.

Fotokopi KTP Suami

Apabila Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang ingin terjun ke dunia saham online, maka fotocopy KTP milik suami akan diperlukan.

Materai 

Ketika berurusan dengan surat penting, maka jangan pernah lupakan materai. Anda akan memerlukan setidaknya 2 sampai 8 buah materai dalam prosesnya.

Menemukan Perusahaan Sekuritas yang Aman

Setelah menyiapkan dokumen pribadi, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menemukan perusahaan sekuritas yang melayani proses pendaftaran saham secara online.

Mengisi Formulir

Apabila Anda sudah mendapatkan perusahaan sekuritas yang cocok dengan Anda. Maka proses selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengisi formulir.

Isilah formulir sesuai  informasi yang dibutuhkan dengan jelas dan jujur.

RDI

RDI adalah singkatan dari rekening dana investor. Merupakan sebutan untuk rekening khusus dana milik Anda.

RDI memiliki kegunaan supaya Anda memiliki rekening sendiri untuk menyelesaikan segala transaksi yang berhubungan dengan saham.

Tujuan dari dibuatnya RDI adalah sebagai media penyimpanan dana yang tidak dibelikan saham oleh Anda.

Fungsi dari dibuatnya RDI adalah untuk menyimpan dana milik Anda.

Menunggu Proses Selesai

Jika Anda sudah menyelesaikan cara mendaftar saham online yang telah disebatkan diatas. Maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menunggu sampai proses pembukaan rekening tersebut selesai. 

Perlu diketahui kalau panjangnya proses pembukaan rekening akan ditentukan dari jenis RDI yang Anda pilih.

Umumnya, proses pembukaan rekening saham online ini akan memakan waktu selama satu minggu.

Bagaimana Cara Jual Saham Online?

Setelah tahu cara untuk mendaftar saham online, selanjutnya Anda tentu ingin tahu bagaimana cara untuk melakukan jual beli saham secara online , bukan?

Memakai Aplikasi Trading yang Bisa Dipercaya

Anda sudah mulai bisa melakukan investasi saham ketika Anda sudah memiliki PIN, ID dan juga password. Anda bisa mendapatkan aplikasi trading online dengan cara mendownloadnya di Google Playstore maupun Appstore.

Anda juga bisa mendapatkan aplikasi itu dari broker tempat Anda mendaftarkan diri.

Deposit Awal

Setelah memiliki aplikasi, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memasukkan deposit awal. Jumlah yang dapat Anda masukkan umumnya adalah 5 sampai 10 Juta Rupiah bahkan ada juga perusahaan sekuritas yang mematok jumlah deposit awal sebesar 50 Juta Rupiah. 

Dimulainya Transaksi

Ketika hendak memulai transaksi, sebaiknya pastikan kalau Anda sudah mempelajari caranya terlebih dahulu. Anda bisa mencarinya dari video tutorial maupun buku. Selain itu, pahami juga aturan yang berlaku di tempat Anda melakukan transaksi karena setiap tempat umumnya akan memiliki aturan yang berbeda-beda.

Itulah sedikit informasi tentang cara mendaftar saham secara online. Semoga bisa membantu Anda yang tertarik melakukan jual beli saham online.


Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Mendaftar Saham Online untuk Pemula? Silakan Simak Disini"