Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Tepat Main Saham untuk Pemula

cara main bursa saham


Saham menjadi pilihan aset yang punya nilai baik untuk masa depan. Selain emas, tanah atau rumah, bagi sebagian orang memilih saham sebagai salah satu bentuk investasi baik di bursa langsung atau virtual.

Cara bermain bursa saham pun dapat dipelajari oleh pemula dengan mudah. Berikut cara, tips bagi pemula bermain saham, simak sampai habis.

Cara Bermain Saham Pemula

1. Pahami Secara Detail

Sebelum mulai, pemula harus memahami terlebih dulu tentang investasi secara mendetail. Dunia investasi penuh dengan istilah-istilah asing yang bisa jadi belum pernah didengar sebelumnya.

Investasi saham sendiri merupakan instrumen pasar keuangan dalam bentuk penyertaan modal badan usaha atau seseorang dari suatu perusahaan.

Saham sendiri terdiri dari tiga jenis; individu, reksadana, dan bursa efek.

2. Jadi Trader atau Investor

Dalam berinvestasi Anda akan dihadapkan oleh dua pilihan; menjadi investor atau trader. Perbedaannya, investor akan berinvestasi jangka panjang dan ambil keuntungannya cukup lama.

Sedangkan trader, investasinya jangka pendek. Dalam memilih posisi ini Anda tetap harus melihat risiko dari kedua posisi tersebut.

3. Beli Saham Jangan Terburu-buru

Nilai saham itu fluktuatif, para pemain saham kerap diingatkan untuk tidak terburu-buru setiap kali membeli maupun menjual.

Jangan pernah memberikan seluruh modal yang dimiliki agar tidak terjadi kerugian ketika harga sedang tidak stabil.

4. Pakai Uang Dingin

Salah satu syarat utama bermain saham adalah memisahkan mana uang pribadi, rumah tangga dan khusus investasi. Karena saham yang fluktuatif dan tidak bisa langsung menghasilkan untung, maka penting jika Anda menggunakan uang dingin tersebut.

Sekali lagi, pastikan Anda sudah handal dalam mengatur keuangan.

5. Diversifikasi

Istilah asing ini berarti pengelompokan saham. Anda nanti perlu mengelompokkan mana saham yang berisiko kerugian kecil dan sebagainya. Pilih saham perbankan atau customer goods.

6. Jangan Berhutang

Di samping menggunakan uang dingin, hal penting selanjutnya yang patut dilakukan adalah jangan berhutang untuk main saham. Investasi ini jangka panjang untuk menghasilkan keuntungan besar sehingga sangat berisiko jika Anda justru berhutang.

7. Belajar Analisis Saham

Pasar saham bisa dianalisis, ada beragam teknik yang bisa pemula pilih untuk menganalisis pergerakan pasar saham seperti metode candlestick asal Jepang yang terbilang cukup mudah dipelajari.

Di sini Anda dapat meramalkan potensi pasar saham ke depannya. Jika Anda menguasai teknik analisis dengan baik dijamin dapat meminimalisir kerugian.

Cara Pilih Sekuritas untuk Investasi

Cara bermain bursa saham di tahap selanjutnya yakni memilih sekuritas atau broker. Keduanya ini merupakan perusahaan dengan kegiatan usaha jual-beli efek yang legal dan telah tercatat di bursa saham. Begini cara memilih yang tepat.

Legalitas Jelas

Pastikan selalu memilih perusahaan yang legalitasnya jelas, telah mengantongi izin, sertifikasi, terdaftar di bursa efek resmi, serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan kementerian.

Cek Rekam Jejak

Rekam jejak perusahaan sekarang mudah kita gali di internet. Demi menghindar kasus, pemula harus mengecek rekam jejak perusahaan tersebut. Karena tak jarang ada perusahaan yang bermasalah, lalu tinggal mengganti nama.

Atau Anda juga bisa mengecek rekam jejak anak perusahaan apabila ada.

Transaksinya Mudah

Jaman sekarang kita diuntungkan dengan transaksi yang serba mudah. Pilihlah perusahaan yang mudah dalam urusan transaksi mulai dari membeli hingga pencairannya yang tidak ribet.

Data Real Time

Harga pasar terus fluktuatif, maka penting mengecek fitur data yang real time supaya tidak ketinggalan harga terbaik di pasar saham.

Kesalahan Investasi Pemula

Apa saja kesalahan yang biasa dilakukan pemula saat investasi?

Tidak Punya Tujuan

Investasi saham harus punya tujuan yang jelas, sama seperti berinvestasi atau menabung biasanya. Hindari investasi saham karena hanya ikut-ikutan tren.

Abai Terhadap Risiko

Walau keuntungan cukup besar, tapi Anda juga tetap harus realistis dan jangan abai dengan risiko yang ada. Bermain saham punya risiko loss yang lumayan merugikan.

Memilih Jangka Pendek

Main investasi harus sabar jika ingin meraup keuntungan besar di masa depan, kebanyakan pemula memilih jangka pendek yang justru sering membuat mereka menyesal.

Itulah cara bermain bursa saham, pilih sekuritas, dan kesalahan pemula. Siap main saham?


Posting Komentar untuk "Begini Cara Tepat Main Saham untuk Pemula"