Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Tips Dan Trik Main Saham Bagi Pemula

main saham bagi pemula


Investasi saham bagi pemula khususnya anak muda memang terbilang menjadi pilihan yang tepat. Selain kemudahan dalam bertransaksi, investasi saham juga merupakan investasi jangka panjang. Investasi saham juga bersifat likuid, yang mana bila anda membutuhkan uang atau dana, maka saham anda bisa anda uangkan dan bisa cair dalam beberapa hari saja. Jika anda melakukan investasi sedari muda, maka saham anda akan menjadi passive income di masa tua anda nantinya. Dalam mengontrol saham anda, anda juga mendapat kemudahan dengan bantuan aplikasi screening saham yang memudahkan anda dalam memfilter saham berdasarkan kriteria anda.

Tips Main Saham Bagi Pemula

Bagi anda yang baru ingin memulai investasi, anda harus memperhatikan tips main saham bagi pemula berikut ini :

1. Tentukan tujuan investasi

Sebelum memulai investasi, tentukan terlebih dahulu tujuan anda. Tujuan berfungsi untuk mengatur seberapa besar anda berinvestasi dan seberapa lama jangka waktu yang anda tentukan.

2. Kenali kondisi keuangan

Sebelum berinvestasi selalu periksa keadaan keuangan anda. Jangan sampai anda memaksakan diri dan mengalokasikan banyak dana untuk investasi namun untuk kebutuhan sehari-hari anda kurang dapat terpenuhi.

3. Nominal kecil bukan masalah

Ketika berinvestasi anda tidak perlu memaksakan diri untuk berinvestasi dalam jumlah yang besar dengan harapan untung yang besar. Nominal kecil dalam berinvestasi bukanlah masalah. Seiring bertambahnya pengetahuan anda mengenai investasi nantinya, anda bisa dengan percaya diri menambah nominal.

4. Mencari informasi dari berbagai sumber

Sebelum mulai berinvestasi ada baiknya anda mencari informasi dari berbagai sumber untuk meminimalisir kerugian. Anda harus belajar terlebih dahulu sebelum memulainya.

5. Pilih platform sekuritas terpercaya

Saat ini banyak platform investasi saham online yang dapat ditemukan yang berasal dari perusahaan sekuritas. Pastikan anda memilih sekuritas yang merupakan anggota Bursa Efek Indonesia (BEI) dan telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

6. Membeli saham unggulan

Belilah saham unggulan yang memiliki likuiditas tinggi, kapasitas pasar besar, dan didukung perusahaan besar dengan kondisi keuangan yang stabil.

7. Pahami keuntungan dan risiko

Sebelum memulai investasi, anda harus benar-benar memahami adanya keuntungan dan risiko yang akan anda dapatkan ketika berinvestasi. Dalam berinvestasi tidak mungkin anda akan untung terus dan gagal terus. Bila anda melakukan analisa dengan baik, keduanya pastilah berimbang. 

8. Atur emosi ketika berinvestasi

Dalam berinvestasi anda harus dapat mengatur emosi anda, jangan terburu-buru dan pelajarilah terlebih dahulu, apalagi bila anda adalah pemula. Ketika mendapatkan keuntungan, tahanlah emosi anda untuk tidak gegabah dalam berinvestasi, begitupun ketika anda gagal.

Trik Main Saham Bagi Pemula

Bagi anda yang baru mulai bermain saham, berikut trik main saham bagi pemula yang bisa anda terapkan :

1. Pahami investasi saham dengan detail

Anda perlu mempelajari tentang investasi saham dengan detail karena terdapat banyak istilah yang sulit. Tidak hanya itu saja, anda juga perlu mempelajari tentang instrumen pasar.

2. Memilih posisi trader atau investor

Anda perlu memilih posisi sebagai trader atau investor. Apabila anda ingin mendapat keuntungan dalam jangka waktu pendek, maka anda bisa memilih trader. Namun bila anda menginginkan keuntungan dalam waktu lama dan jangka panjang, maka anda dapat memilih investor.

3. Membeli saham saat harga turun

Biasanya saham yang turun nantinya akan mengalami kenaikan juga, jadi anda dapat memilih membeli saham saat harganya turun. Namun ketika saham suatu perusahaan turun, anda tetap harus memperkirakan dan melihat situasi sehingga tidak akan membahayakan anda.

4. Gunakan uang dingin

Sebelum anda memulai investasi, anda harus memastikan bahwa uang yang akan anda gunakan untuk berinvestasi adalah uang dingin, dalam hal ini adalah uang yang memang sudah anda pisahkan khusus untuk investasi. Jangan sampai investasi mempengaruhi keuangan untuk kebutuhan pokok anda.

5. Hindari hutang

Yang harus anda perhatikan juga adalah hindari mengambil hutang untuk berinvestasi. Jika anda mengambil hutang untuk berinvestasi, maka hal itu akan menjadi sia-sia karena keuntungan anda dari berinvestasi harus anda gunakan untuk membayar hutang.

6. Pilih saham dengan indeks IDX30 dan LQ45

Bagi anda yang baru memulai bermain saham, sebaiknya anda memilih indeks kedua saham tersebut. Kedua indeks saham tersebut adalah saham yang memiliki fundamental perusahaan yang baik dan memiliki likuiditas yang cukup tinggi.


Posting Komentar untuk "Inilah Tips Dan Trik Main Saham Bagi Pemula"