Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebelum Mulai, Pahami Cara Beli Saham IHSG Buat Pemula 2022

cara beli saham ihsg


Sudah mengetahui bagaimana cara beli saham IHSG ini? tidak bisa dipungkiri di jaman modern seperti sekarang, kegiatan investasi ternyata semakin banyak diminati oleh masyarakat. Bahkan tidak terkecuali dengan generasi milenial. Hal ini mungkin disebabkan akses buat melakukan investasi yang semakin mudah dan cepat terutama karena adanya internet. 

Nah, ketika anda tertarik buat melakukan investasi saham ini maka ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu bukan. Tidak terkecuali dengan istilah IHSG. Bagi masyarakat awam, keberadaan dari instrumen inipun ternyata masih cukup asing. Karena itulah penting mengetahui bagaimana pengertian hingga cara melakukan jual beli didalamnya. 

Walaupun masih asing bagi sebagian besar orang, tetapi perlu diingat bahwa untuk memahami IHSG inipun tidak serumit seperti di bayangan. Bahkan selama anda mengetahui bagaimana cara tepat melakukannya, maka bukan tidak mungkin akan sukses dalam menjalankan investasi saham di dalamnya tersebut. 

Apa itu IHSG 

Sebelum anda memahami bagaimanakah cara beli saham IHSG ini maka perlu mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Adapun IHSG merupakan singkatan dari Indeks Harga Saham Gabungan. Dimana merupakan sebuah indeks harga yang biasa digunakan dalam bursa efek Indonesia sebagai patokan investor buat mengukur keuntungan dalam melihat pergerakan pasar. 

Adapun secara global, entitas inipun dikenal dengan sebutan Indonesia Composite Index (ICI) dan IDX Composite. Nah, didalamnya inipun juga terdapat sejumlah emiten yang menawarkan harga cukup beragam. Sama seperti saham lainnya, harganya juga mengalami naik, turun bahkan stagnan alias tetap. 

Di samping itu, indeks inipun biasanya juga akan mencakup semua harga saham biasa dan preferensi yang telah tercatat dalam BEI. Itu artinya pergerakan indeks akan memperlihatkan apakah pasar sedang aktif ataukah justru mengalami lesu. Karena itulah keberadaannya memang benar-benar sangat penting bagi seorang investor. 

Cara Beli Saham IHSG 

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, untuk membeli saham inipun ternyata tidaklah serumit seperti di bayangan. Namun perlu diingat juga bahwa anda tidak boleh sembarangan dalam mengambil langkah. Sebab jika anda tidak mempersiapkan diri dengan baik, bukan tidak mungkin justru akan mengalami kerugian dengan nilai cukup besar. 

1. Mulai Mencari Perusahaan Sekuritas 

Sebelum anda membeli saham ini maka juga perlu mencari perusahaan sekuritas terlebih dahulu. Sebab nantinya kehadiran dari perusahaan inilah akan berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan seseorang. Apabila anda seorang pemula, maka kami sarankan agar membeli di perusahaan blue chip dimana mempunyai nama yang sudah dikenal oleh masyarakat. 

2. Pastikan Punya Rekening Efek 

Kemudian anda juga harus mempunyai rekening efek terlebih dahulu. Untuk bisa mendapatkan rekening efek itulah maka dapat membuka website dari perusahaan sekuritas bersangkutan terlebih dahulu. Nantinya, anda juga akan diminta buat melengkapi dokumen seperti menyertakan NPWP, KTP, Foto Rekening Tabungan, Salinan KK hingga surat pernyataan dengan materai 6 ribu. 

3. Mulai Melakukan Top-UP ke Rekening 

Sudah mempunyai rekening efek, selanjutnya anda bisa menyetorkan sejumlah dana ke dalamnya. Adapun jumlah setoran awal sendiri juga berbeda-beda dan tidak menentu. Biasanya mulai dari 5 juta hingga 50 juta. Namun perlu diingat bahwa itu semua tergantung dengan kebijakan dari perusahaan yang bersangkutan tersebut. 

4. Install Aplikasi Buat Trading Saham

Agar anda bisa dengan mudah melakukan pemantauan, maka sebaiknya install aplikasi dari sekuritas bersangkutan tersebut. Anda  dapat menggunakan PC ataupun Smartphone buat mengunduhnya. 

Manfaat dan Fungsi IHSG 

Perlu diingat bahwa IHSG merupakan kumpulan harga saham dimana akan bermanfaat buat para investor atau pemilik saham. Nah, berikut ini beberapa manfaat ataupun fungsi yang dimiliki oleh IHSG tersebut. 

1. Mengestimasi Tingkat Keuntungan 

Apakah anda ingin mengetahui berapa perkiraan keuntungan yang bisa didapatkan dari kegiatan investasi saham tersebut? nah, IHSG inilah dapat berguna untuk mengetahuinya. 

2. Melihat Bagaimana Kondisi Perkembangan Ekonomi 

Disamping itu kehadiran dari indeks inilah dapat berguna buat melihat bagaimanakah perkembangan dari kondisi sebuah pasar ekonomi. Kendati demikian tetap terdapat beberapa variabel yang patut diperhitungkan buat mengetahui kondisi ekonomi suatu negara. 

Di samping itu, IHSG inipun berfungsi sebagai indikator pergerakan pasar modal bahkan dapat mengukur kinerja portofolio. Sudah paham bagaimana cara beli saham IHSG tersebut bukan? segera siapkan diri anda buat melakukannya. 


Posting Komentar untuk "Sebelum Mulai, Pahami Cara Beli Saham IHSG Buat Pemula 2022"