Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak 5 Cara Memilih Saham Bagus Untuk Trading

saham bagus untuk trading


Saat ini kata investasi sudah sangat sering kita dengar. Ada banyak macam investasi mulai dari emas, asuransi, hingga saham. Dari sekian banyak investasi di Indonesia, ada investasi yang sangat popular dan mulai digemari anak muda, yaitu investasi saham. Selain harganya yang cukup terjangkau, investasi saham bisa dibilang cukup fleksibel. Untuk mendapatkan profit anda perlu menganalisa pasar dan memilih saham yang tepat. Yang perlu anda ingat dalam bermain saham yang perlu anda pikirkan jangan semata-mata tentang keuntungan jangka pendek. Anda perlu memanfaatkan momen dalam bermain saham untuk mempelajari teknik dan strategi agar keuntungan dalam investasi saham menjadi investasi jangka panjang.

Cara Memilih Saham Untuk Trading

Bagi anda yang tertarik dengan trading, anda perlu mengetahui cara memilih saham bagus untuk trading seperti dibawah ini :

1. Fokus pada saham dengan likuiditas tinggi

Salah satu faktor yang perlu diperhatikan trader adalah likuiditas saham. Saham yang likuid artinya saham yang aktif diperdagangkan, ditandai dengan adanya antrian order. Semakin tinggi likuiditas saham sebuah perusahaan, maka akan semakin mudah pula bagi trader untuk membeli maupun menjualnya dengan harga yang mereka inginkan.

2. Amati perubahan harga

Karena trader sendiri adalah orang yang mengambil keuntungan dari perubahan harga aset dalam jangka pendek, maka para trader harus selalu mengamati perubahan harga karena itu adalah aspek penting dalam trading.

3. Pilih saham yang grafiknya mudah dianalisis

Trader hendaknya memilih saham yang grafik naik turunnya mudah dilihat atau dianalisis dengan analisis teknikal.

4. Pilih saham yang terkenal bagus

Meskipun ini bukanlah hal yang pokok dalam trading, namun hal ini bisa dipraktikkan. Karena perusahaan atau saham perusahaan yang bagus berpotensi mendorong investor untuk membeli saham, begitupun sebaliknya.

5. Bandingkan saham pilihan dengan indeks

Bandingkan saham yang telah anda pilih sebelumnya dengan indeks harga saham gabungan (IHSG). Cara membandingkannya adalah dengan menghitung korelasi dari beberapa saham dengan IHSG dalam periode waktu tertentu.

Rekomendasi Saham Untuk Trading

Dibawah ini adalah rekomendasi saham bagus untuk trading, rekomendasi ini tidak bertujuan untuk mempengaruhi keputusan anda. Sesuaikan keputusan investasi anda dengan tujuan dan profil risiko masing-masing.

1. BFI Finance (BFIN)

Harga : Rp 1.110

Rekomendasi : Buy

Target harga : Rp 1.235

Analis : Herditya Wicaksana, MNC Sekuritas

2. Adaro Energy (ADRO)

Harga : Rp 3.110

Rekomendasi : Buy on weakness

Target harga : Rp 3.950

Analis : Roger M.M, Mirae Asset Sekuritas Indonesia

3. Bank Central Asia (BBCA)

Harga : Rp 7.450

Rekomendasi : Buy on weakness

Target harga : Rp 8.850

Analis : Roger M.M, Mirae Asset Sekuritas Indonesia

4. Bank Negara Indonesia (BBNI)

Harga : Rp 8.675

Rekomendasi : Buy on weakness

Target harga : Rp 9.575

Analis : Roger M.M, Mirae Asset Sekuritas Indonesia

5. Bank Rakyat Indonesia (BBRI)

Harga : Rp 4.440

Rekomendasi : Buy on weakness

Target harga : Rp 5.450

Analis : Roger M.M, Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Cara Screening Saham Untuk Trading

Para trader pemula seringkali mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi dan memilih jenis saham untuk dibeli. Screening saham sendiri adalah sebuah teknik yang dilakukan untuk memfilter saham berdasarkan kriteria yang sesuai dengan keinginan kita. Oleh karena itu melakukan pengecekan saham pada banyak perusahaan tentu membutuhkan waktu yang banyak, hingga anda membutuhkan aplikasi tambahan untuk membantu anda dalam melakukan screening.

1. Platform online sekuritas

Platform online sekuritas adalah aplikasi bawaan perusahaan sekuritas.

2. RTI business

Aplikasi ini menyediakan informasi mengenai perusahaan, seperti berita baru, laporan keuangan, serta jadwal pembagian dividen.

3. Data saham Indonesia (DSI)

Aplikasi Data saham Indonesia (DSI) memiliki fitur berita, kurs mata uang, dan harga komoditi.

4. Investing.com

Aplikasi Investing.com membantu investor serta trader untuk mengetahui pergerakan saham dunia. Dengan aplikasi ini, para pengguna dapat melihat peristiwa ekonomi terbaru yang berisi tentang opini dan analisis seputar saham.

5. IDX channel

Aplikasi IDX channel menghadirkan berita yang terbaru mengenai saham, berita ini meliputi berita perusahaan maupun berita pasar yang ramai diperbincangkan.

6. Stock 

Aplikasi Stock bekerjasama dengan Yahoo untuk mengetahui berita-berita terbaru pasar dunia.


1 komentar untuk "Simak 5 Cara Memilih Saham Bagus Untuk Trading"

Sesaham 8 Desember 2022 pukul 23.20 Hapus Komentar
Selain menganalisa chart, ada baiknya untuk trading di saham yang memiliki fundamental perusahaan yang baik lo.
Salam,
Sesaham