Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Beli Reksadana Online


beli reksadana online


Investasi merupakan salah satu jalan bagi masyarakat untuk mendapatkan income lebih dengan investasi jangka panjang maupun pendek. Investasi memiliki beragam jenis seperti investasi properti, investasi emas, dan investasi lainnya. Kini, masyarakat bisa melakukan investasi secara online dengan cara beli reksadana online.

Reksadana sendiri merupakan tempat dimana pengelolaan modal untuk investasi terjadi. Membeli reksadana secara online dapat dilakukan melalui aplikasi – aplikasi investasi dengan mudah dan tanpa harus ribet datang ke perusahaan. Adanya aplikasi investasi yang dapat diunduh secara gratis akan menguntungkan dalam proses kegiatan investasi.

Inilah cara beli reksadana online yang dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi – aplikasi investasi

1. Membuat akun

Untuk masuk ke dalam aplikasi investasi, maka diperlukan akun yang bisa dibuat menggunakan email. Buatlah akun terlebih dahulu karena tanpa akun maka kegiatan apapun yang dilakukan dalam aplikasi investasi tidak dapat dilakukan.

Membuat akun untuk aplikasi investasi sangatlah mudah, asalkan memiliki email. Namun jika tidak memiliki email pun akan tetap dituntun untuk membuat email terlebih dahulu. Biasanya ada beberapa data yang harus dimasukkan saat membuat akun seperti nomor telepon serta terdapat proses verifikasinya.

2. Masuk ke dalam aplikasi

Setelah membuat akun maka kegiatan di dalam aplikasi investasi sudah dapat dilakukan. Namun sebelum itu login dulu menggunakan akun yang sudah dibuat. Akun biasanya terdiri dari username dan password.

3. Memilih menu beli reksadana online

Biasanya menu untuk membeli reksadana online dapat terlihat dengan jelas begitu memasuki aplikasi. hal ini agar pengguna aplikasi investasi dapat dengan mudah menemukan menu untuk membeli reksadana online. Namun sebaiknya lengkapi data diri terlebih dahulu sebelum membeli reksadana online. Data diri yang harus dimasukkan biasanya berupa nama, NIK yang ada di kartu tanda penduduk, pekerjaan, penghasilan dan lain sebagainya.

4. Baca persetujuan

Untuk membeli reksadana online maka terdapat persetujuan yang harus dibaca terlebih dahulu. Sebaiknya baca lembar persetujuan dengan teliti dan sampai habis sebelum menyetujuinya. Tanda setuju dapat dibubuhkan hanya dengan cara mencentang kotak persetujuan yang sudah disediakan.

5. Masukkan nominal pembelian

Setelah menyetujui lembar persetujuan maka halaman akan berpindah ke halaman pembelian. Masukkan nominal pembelian, namun nominal pembelian ini biasanya ada batas minimumnya. Jadi sebaiknya ketahui terlebih dahulu nominal minimal pembelian reksadana online.

6. Pilih metode pembayaran

Setiap aplikasi investasi memiliki metode pembayaran yang berbeda – beda untuk pembelian reksadana online. Biasanya terdapat pilihan metode pembayaran berupa transfer bank atau pembayaran lain menggunakan e wallet.

7. Lakukan pembayaran

Setelah memilih metode pembayaran, lakukan pembayaran sesuai dengan metode bayar yang dipilih. Setelah pembayaran sukses, langsung kembali ke aplikasi investasi untuk mengkonfirmasi pembayaran yang sudah sukses. Biasanya setiap aplikasi investasi cara konfirmasi pembayarannya berbeda. Ada yang harus mengirimkan bukti pembayaran, ada pula yang hanya perlu mengkonfirmasi bahwa pembayaran sudah dilakukan.

Jika semua langkah sudah dilakukan, maka reksadana sudah terbeli. Pilihlah aplikasi investasi terpercaya yang tidak ada indikasi akan melakukan penipuan. Memilih aplikasi investasi yang baik untuk beli reksadana online dapat dilakukan dengan membaca review dan penilaian dari pengguna aplikasi sebelumnya. Review dan penilaian yang positif bisa menjadi tanda bahwa aplikasi investasi tersebut tidak merugikan pengguna aplikasinya.

Penting pula untuk memeriksa apakah aplikasi investasi tersebut sudah memiliki izin yang legal dari OJK atau jasa otoritas keuangan. Aplikasi investasi yang tidak memiliki izin legal tidak perlu untuk diperhatikan lagi karena aplikasi investasi seperti itu memiliki risiko tinggi. Dalam menjalankan investasi, kerugian harus benar – benar dicegah atau diminimalkan agar tidak terjadi karena kegiatan investasi menyangkut uang.

Beli reksadana online hanya di aplikasi investasi yang legal dan terpercaya saja. Sebaiknya jangan tertipu dengan keuntungan investasi yang besar hanya dalam waktu singkat, lebih baik bergabung dengan aplikasi investasi yang prosesnya wajar – wajar saja. Berhati – hatilah dalam berinvestasi di reksadana agar tetap mendapatkan keuntungan yang diharapkan serta terhindar dari kerugian yang besar dalam investasi.


Posting Komentar untuk "Cara Beli Reksadana Online"