Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 4 Cara Membuka Rekening Saham

Membuka Rekening Saham


Memiliki saham saat ini menjadi impian bagi kebanyakan orang. Karena memiliki saham berarti memiliki passive income. Namun untuk memilikinya, kamu harus terlebih dahulu membeli saham dengan cara membuka rekening saham.

Selain investasi berbagai jenis sebagai passive income, memiliki saham juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tanpa harus bekerja. Dengan membeli saham suatu perusahaan, artinya kamu menjadi salah satu orang yang memiliki bagian dari penghasilan perusahaan. Banyak tidaknya penghasilan yang kamu dapatkan akan tergantung bagaimana penghasilan perusahaan.

Untuk pembukaan rekening saham, sebaiknya kamu terlebih dahulu melakukan riset kepada perusahaan tempat kamu ingin melakukan pembukaan rekening saham. Kamu juga perlu membaca persyaratan yang diberikan sehingga nantinya kamu hanya perlu menyiapkan apa yang diperlukan dan melakukan pembukaan rekening saham sesuai prosedur.

Kamu bisa mulai memiliki saham dengan cara membuka rekening saham berikut ini.

1. Menyiapkan dokumen yang diperlukan

Dokumen yang pasti dibutuhkan untuk awal pembukaan rekening saham adalah KTP untuk menunjukkan identitas. Kamu juga perlu menyiapkan dokumen NPWP serta materai untuk keperluan tanda tangan perjanjian atau kesepakatan.

2. Menentukan perusahaan

Mendaftar untuk buka rekening saham dilakukan dengan perusahaan sekuritas. Pilihlah perusahaan sekuritas yang kamu inginkan. Namun kamu perlu berhati – hati dalam memilih perusahaan sekuritas ini, kamu harus mencari tahu apakah perusahaan sekuritas dapat dipercaya.

Perusahaan sekuritas yang akan kamu pilih setidaknya wajib telah mendapatkan izin dari OJK atau jasa otoritas keuangan. Sebaiknya jangan memilih perusahaan sekuritas yang tidak memiliki izin legal agar tidak terjadi penipuan dan hal merugikan lainnya di masa depan.

3. Isi formulir

Formulir untuk membuka rekening saham akan disediakan oleh perusahaan sekuritas. Disinilah kamu akan menggunakan materai 10.000 yang sudah disiapkan sebelumnya. Sebaiknya periksa formulir dan isi dengan hati – hati jangan sampai salah, agar tidak terjadi kesalahan dalam rekening saham yang ingin kamu buka.

Formulir yang disediakan nantinya terdiri dari formulir transaksi jual dan transaksi beli. Namun sebenarnya kamu tidak harus mendatangi perusahaan sekuritas terkait untuk mendapatkan formulir ini. Karena zaman sudah semakin maju, semakin banyak pula perusahaan sekuritas yang memiliki website khusus. Kamu bisa mendapatkan formulir secara online dari website perusahaan sekuritas tersebut dan mengisinya secara online pula.

4. Setorkan deposito awal

Setiap perusahaan sekuritas memiliki syarat deposito awal yang berbeda – beda. Fungsi deposito awal ini adalah untuk membeli saham menggunakan rekening yang akan jadi. Deposito awal bisa hingga puluhan juta atau ratusan juta. Jadi sebaiknya kamu mempersiapkan dana yang dibutuhkan.

Membuka rekening saham sudah semakin mudah dengan adanya teknologi. Berbagai aplikasi investasi saat ini telah rilis dan bisa diunduh melalui playstore. Karena aplikasi investasi juga menyediakan layanan lain seperti pembukaan rekening saham. Sehingga kamu tidak perlu datang ke kantor sekuritas untuk melakukan segala langkah – langkah pembukaan rekening saham secara online.

Membeli saham sebenarnya juga tidak harus kamu lakukan sekaligus. Itulah mengapa banyak orang membuka rekening saham karena mereka ingin menabung sedikit demi sedikit untuk membeli saham. Orang – orang menyebutnya dengan tabungan saham. Selain investasi, kini tabungan saham juga menjadi favorit masyarakat untuk mulai mempersiapkan passive income di masa depan.

Memiliki saham di salah satu perusahaan memberikan manfaat berupa pembagian hasil dari perusahaan. Sebenarnya kamu juga bisa memiliki saham di beberapa perusahaan tidak harus satu perusahaan. Semakin banyak kamu memiliki saham di berbagai perusahaan maka semakin banyak pula pembagian hasil yang akan kamu dapatkan. Namun jika terlalu sulit untuk sekaligus memiliki saham di berbagai perusahaan maka kamu bisa mulai menabung terlebih dahulu.

Membeli saham dan memilikinya sebenarnya memiliki risiko yang besar jika salah memilih perusahaan. Kamu harus pandai menilai dan memprediksi perusahaan yang ingin kamu miliki sahamnya, apakah perusahaan tersebut berpotensi semakin berkembang atau bisa saja jatuh suatu saat nanti. Risiko dari membuka rekening saham dan memiliki saham adalah besar tidaknya penghasilan tergantung pada jatuh tidaknya perusahaan.


Posting Komentar untuk "Inilah 4 Cara Membuka Rekening Saham"