Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Pengertian, Manfaatnya dan Keuntungan Obligasi Terbaik

obligasi terbaik


Saat ini obligasi terbaik sudah mulai diminati oleh banyak orang. Tidak peduli baik tua dan muda, masyarakat banyak sekali yang melek akan investasi. Hal ini karena gencarnya literasi digital yang diberikan kepada masyarakat baik pemerintah maupun lembaga yang berkaitan dengan industri keuangan.

Meski literasi dan minat berinvestasi semakin besar, pengetahuan masyarakat akan produk investasi masih terbatas. Termasuk, orang baru yang berinvestasi saham dan emas. Padahal, terdapat instrumen lain yang menarik untuk dilakukan.

Pengertian Obligasi Terbaik

Obligasi terbaik merupakan salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih, karena dinilai lebih aman dan menjanjikan. Obligasi ini dapat dikatakan sebagai Surat Berharga Negara (SBN). 

Walaupun, popularitas investasi obligasi tidak seramai seperti investasi saham ataupun deposito. Namun, bukan berarti instrumen investasi ini tidak memiliki peminatnya sama sekali.

Umumnya, obligasi merupakan Surat Utang Negara (SUN) yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan dengan jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan. Obligasi terbaik ini termasuk salah satu surat utang dari penerbit kepada pihak pemegang obligasi, disertai dengan perjanjian terkait pembayaran pokok utang dan bunga.

Manfaat dan Keuntungan Obligasi

Setelah Anda mengetahui pengertian obligasi, saatnya tahu apa saja manfaat dan keuntungan obligasi. Semakin Anda mengenal instrumen investasi yang akan dipilih, maka dapat merencanakan keuangan dengan lebih baik. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan berinvestasi dan keuntungan obligasi. 

1. Mendapatkan Bunga Secara Berkala

Pemegang obligasi biasanya akan mendapatkan kupon secara rutin dengan kurun waktu sesuai kesepakatan. Terdapat obligasi yang menetapkan pembagian kupon setiap satu bulan, per tiga bulan atau per enam bulan sekali.

Nilai kupon atau bunga yang dapat diterima oleh investor juga berbeda-beda tergantung dari kesepakatan. Ada yang memilih kupon dengan jenis tetap dan ada juga kupon tidak tetap. 

2. Mendapatkan Capital Gain

Capital gain adalah salah satu keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjual obligasi kepada investor umum di pasar sekunder. Keuntungan ini bisa dihitung dari selisih harga jual dikurangi harga beli obligasi. 

Jadi semakin Anda bisa membeli dengan harga termurah dan menjual harga tertinggi maka semakin besar capital gain yang didapatkan.

3. Dibayarkan Kembali dengan Tambahan Return

Pada umumnya, tingkat dari kegagalan pengembalian modal oleh penerbit obligasi terbilang sangat kecil meskipun risiko gagal bayar tetap ada. Namun, risiko ini hanya terdapat pada obligasi terbaik yang diterbitkan oleh perusahaan swasta. 

Sementara itu untuk pengembalian dana oleh pemerintah lebih terjamin. Hal ini karena adanya keharusan dan jaminan oleh Undang-undang.

Obligasi yang nantinya diterbitkan oleh pemerintah Republik Indonesia sudah dijamin keamanannya karena pasti dibayarkan kembali. Bahkan, obligasi ini juga telah tercantum dalam UU No. 24 Tahun 2002 mengenai Surat Piutang Utang Negara.

Sementara itu, ada UU No. 19 Tahun 2008 Tentang Surat Berharga Syariah Negara. Jadi Anda tidak perlu cemas lagi, terkait obligasi ini.

Keuntungan Obligasi Lebih Tinggi Ketimbang Bunga Deposito

Umumnya, nilai kupon yang didapatkan dari obligasi jauh lebih tinggi dibandingkan bunga deposito. Hal inilah yang akan menjadi pertimbangan kebanyakan investor dalam membeli obligasi. Bahkan, ini juga dilakukan untuk memperoleh keuntungan semaksimal mungkin.

Memang tidak banyak yang tahu, obligasi ternyata juga bisa digunakan sebagai jaminan atau agunan. Bahkan, sebagai salah satu syarat untuk memperoleh pinjaman bank. 

Sementara itu, surat obligasi juga dapat dijadikan sebagai  jaminan untuk membeli saham ke bursa efek (stock exchange). Jadi keuntungan dari obligasi sendiri, Anda dapat menjadi berganda.

Bagi Anda yang ingin sekali mengetahui lebih banyak terkait keuntungan obligasi ini. Maka sebaiknya, bisa langsung melakukannya agar tidak penasaran. 

Namun, Anda tetap harus berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan. Investasi akan menguntungkan jika Anda bersungguh-sungguh melakukannya.

Itu saja beberapa informasi terkait pengertian, manfaat dan keuntungan obligasi terbaik yang bisa Anda diperoleh dengan berinvestasi. Investasi ini memang termasuk jenis investasi yang lebih aman dan mumpuni untuk dicoba. Semoga apa yang telah tersampaikan bisa memberikan berbagai manfaat untuk pembaca.


Posting Komentar untuk "Mengenal Pengertian, Manfaatnya dan Keuntungan Obligasi Terbaik"